Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia

Tuesday, July 19, 2011

Jihad Muammalah, Wahana Entrepreneurship Madani

Ahad pagi, 15 Sya’ban 1432 H atau 17 Juli 2011, terlihat beberapa kader KAMMI Madani sibuk di salah satu stand bazar yang digelar di halaman Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK), Menteng, Jakarta Pusat. Bazar yang dipanitiai oleh salah satu jama’ah pengajian ibu-ibu di MASK ini memang diadakan untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhon. Kegiatan bazar ini bernama “Bazar Amal MASK”. Tentu saja kader-kader KAMMI Madani tadi turut serta membuka satu stand di Bazar tersebut diantara stand-stand lain yang di buka oleh masyarakat umum. Tahun ini menjadi tahun pertama keikutsertaaan KAMMI Madani dalam kegiatan semacam ini.
Aksi yang merupakan bentuk realisasi program kerja Departemen Ekososmas yang diketuai oleh akhiyna Omar Rofil dan dikomandoi Akhiyna Faizun Muhtada sebagai PJ kegiatan ini bertajuk “Jihad Muammalah” atau “Ji-M” (baca: Ji Em). Tujuan dari aksi tersebut adalah memberi pengalaman realsebagai pelatihan bagi para kader KAMMI Madani, khususnya dari Departemen Ekososmas (Ekonomi & Sosial Kemasyarakatan) dalam bermuammalah dan merupakan salah satu aksi KAMI Madani sebagai wujud pengabdian ke masyarakat secara langsung.




Dari mulai aneka macam kue atau jajanan pasar, buku-buku islami sampai ensiklopedia kisah hidup Rasulullah SAW. Selain itu, sebagai bentuk dukungan KAMMI Madani dalam upaya memasyarakatkan kembali sunnah Rasulullah SAW yang telah terlupakan, di stand ini juga menyediakan berbagai informasi tentang Dinar dan Dirham. Bahkan patokan harga barang-barang dagangan tadi juga menggunakan standar Dinar dan Dirham. Ini adalah salah satu strategi untuk menarik minat masyarakat untuk mengetahui lebih lanjut tentang Dinar dan Dirham. Hanya saja kami tetap menerima apabila ada pembeli yang membeli menggunakan rupiah atau dollar sekalipun karena mungkin belum mempunyai Dinar atau Dirham. Hal ini karena untuk momen bazar ini dari pihak penyedia money exchange, yaitu Wakala Nusantara tidak bisa menyediakan layanan penukaran uang dengan Dinar dan Dirham. Para kader tadi juga membagi-bagikan brosur yang berisi info tentang Dinar dan Dirham kepada pengunjung bazar. Terlihat antusiasme beberapa pengunjung untuk mengetahui lebih banyak tentang Dinar-Dirham saat dibagikan brosur tersebut.
Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB sampai waktu Dzuhur ini diharapkan menjadi langkah awal menuju langkah-langkah besar aksi KAMMI Madani ke depan. Dalam membentuk kader yang berintegritas, berintelektual tinggi, dan kritis KAMMI Madani akan senantiasa melatih kader-kadernya untuk melakukan aksi pengabdian kepada masyarakat secara langsung demi perubahan umat Islam khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya ke arah yang lebih baik. Wallahu a’lam.
By: Septi D. Prameswari (Dep. Humas KAMMI Madani)

No comments:

Post a Comment

sponsor