Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia

Sunday, August 6, 2017

Rajawali vs Kura-kura, Televisi Melawan Media Online

Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) merupakan salah satu stasiun televisi swasta tertua di Indonesia. RCTI dan MNC merupakan stasiun di bawah MNC group kepunyaan Hari Tanoesudibjo. Kedua stasiun tersebut menjari corong politik dan kantong uang bagi MNC group. Berita seperti seputar indonesia menjadi rujukan banyak penonton layar kaca dan pada saat yang lain versi cetak dan onlinenya bisa dinikmati.

Rajawali vs Kura-kura
Di era digital saat ini, sebuah blog bisa menjadi saingan berat sebuah acara berita di televisi. Sebuah grafik dari BI (http://uk.businessinsider.com/tv-vs-mobile-and-digital-in-ad-revenue-and-audience-share-2014-12) memberitakan bahwa untuk pertama kalinya, tahun 2017 ini, pendapatan iklan dari media digital melebihi TV. Di Indonesia, MNC group pun menganggap situs opini seperti seword sebagai saingan. Apalagi selama ini seword dan MNC adalah musuh opini politis.


Pada tahun 2017, pertama kali nya pendapatan dari iklan media digital melebihi televisi,di Amerika (sumber Business Insider)
Detik.com pun akhirnya meniru ide media opini seperti seword untuk memberi honor untuk para penulisnya. Hal ini menandakan bahwa konten digital sudah mulai diminati sepenuhnya, detik.com dan transtv merupakan media milik CT (https://news.detik.com/berita/d-3463412/mari-menulis-di-kolom-dan-opini-detikcom). Hal ini tidak mengapa, asalkan kualitas dan obyektivitas jurnalisme tetap terjaga. Karena banyak situs opini hanyak mencari trafik melalui judul yang tidak sesuai atau click bait dan juga terlalu condong ke salah satu kubu politik.

No comments:

Post a Comment

sponsor